banner

 


ShoutMix chat widget
 
 
 
 
 

 

Jenis-jenis Ras Kelinci

 

7. Flemish Giant

flemish giant

Sesuai namanya, kelinci ini lebih besar dari jenis yang lain. Ukurannya memang termasuk besar untuk ukuran kelinci pada umumnya. Bahkan katanya pernah ada yang 12 kg.

8. Havana

 

kelinci havana

Ras ini bertumbuh pendek, kepalanya kecil dan pendek, tapi lebar. Matanya biasanya bercahaya merah delima, telinganya berdiri tegak dengan dasar telinga lebar. Pantat dan kaki belakangnya bulat, berisi penuh. Warna bulunya hitam,biru, dan coklat.

9. Lop

kelinci lop

Memiliki ciri khas kepala lebar mata hitam dan telinganya koploh atau menggatung jatuh kebawah. Telinganya panjang, lebar, tebal, menggantung dari samping kepala ke bawah tetapi tidak sampai menggeser di tanah. Diantara macam-macam Lop, yang paling terkenal English Lop.

10. Nederland Dwarf

kelinci dwarf

Ras kelinci kerdil ini berasal dari Belanda, sering juga di panggil kelinci mini, karena jenis ini merupakan jenis kelinci terkecil didunia. Bobot dewasa nya hanya 0.9 kg. Bentuk tubuhnya pendek, kepalanya agak bulat.

11. New Zealand White

kelinci albino

Ras ini merupakan kelinci albino, tak mempunyai bulu yang mengandung pigmen. Bulunya putih mulus, padat, tebal dan agak kasar kalo di raba. Mata merah, asalnya dari New Zealand, makanya dia punya nama New Zealand White.

12. Polish

kelinci polish

Ras ini merupakan kelinci kecil, hampir mirip dengan Nederland Dwarf, hanya sedikit lebih besar. Kepala bulat, telinga tegak sekitar 6 cm panjangnya. Matanya merah delima atau biru.

13. Rex

kelinci rex

Sebenarnya Rex termasuk kelinci baru. Ras ini mulai di kenal di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an, sebagai binatang kontes. Yang spesial dari Rex yaitu bulunya yang sangat halus. Apalagi jika ini hidup di lingkungan yang bersuhu berkisar 5-15 C, makin rendah suhu lingkungan, makin indah dan bagus mutu bulunya. Ras Rex yang paling terkenal adalah White Rex, yang berbulu putih mulus dan tebal. Kualitas bulunya sangat baik, lembut seperti beludru. Ras ini juga di sebut Ermine Rex.

14. Satin

kelinci satin

Ras satin berbulu tebal, badannya panjang, kepala lebar, leher pendek, telinganya yang lebar tampak seimbang dengan badannya. Tulang-tulangnya tampak kuat. Kakinya lurus. Kukunya hitam gelap.

15. Tan

kelinci tan

Ras ini termasuk kelinci kelinci kecil, berwarna cokelat kemerah-merahan. Warnyanya jelas, terang, terdapat di bawah dagu sampai ke dada, tengkuk, dan bawah ekor. Bagian perut sampai bagian sebelah dalam kaki depan juga berwarna cokelat kemerah-merahan. Telapak kakinya putih.

 

1 2

[Kembali ke atas]

[Kembali]

 

 

 

 

 

 

 

 

Created by Fajri Ibnu Huda 2009